Rabu, 07 Desember 2011

Pembuatan Animasi pada Etoys

Etoys adalah aplikasi grafis 2D. Etoys merupakan bahasa pemrograman yang di gunakan berorientasi objek berbasis prototipe yang berorienatsi objek dan banyak digunakan didalam bidang pendidikan. Etoys merupakan sebuah model objek scripted untuk objek yang berbeda yang berjalan pada platform yang berbeda dan juga bersifat opensourcepada software ini pembuatan flowchart sudah di bungkus dengan semenarik mungkin karena untuk anak sekolah dasar. Squeak adalah implementasi Smalltalk, berorientasi objek, berbasis kelas, dan reflektif, yang berasal dari Smalltalk-80 di Apple Computer. Ini dikembangkan oleh beberapa pengembang Smalltalk-80 asli, termasuk Dan Ingalls, Ted Kaehler, dan Alan Kay. Tim juga termasuk Scott Wallace dan John Maloney.

Saya akan mencoba membuat sebuah animasi dengan menggunakan etoys. Animasi yang saya buat adalah robot anak-anak yang bernama tory. Berikut langkah-langkahnya :


1. Pertama masuk ke aplikasi etoys, di home akan muncul gambar seperti ini



2. Pilih make a project



3. Di bagian toolbar akan muncul tulisan pada pallete dan supplies jika anda ingin memulai membuat objek animasi. Untuk membuat robot, saya memilih pallete

4. Disini, saya menggunakan semua objek bangun 2D yang terdapat di sebelah bawah pallete



5. Saya memulai dengan membuat gambar robot



6. Kemudian saya buat hiasan di tubuh robot



7. Lalu saya beri warna pada background robot dan hiasan-hiasan pada tubuh robot, maka hasilnya seperti dibawah ini




Sekian penjelasan sedikit dari saya mengenai langkah sederhana membuat animasi pada Etoys.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


Sumber Referensi :
- http://aditya-yanu.blogspot.com/2011/11/pembuatan-animasi-pada-etoys.html#!/2011/11/pembuatan-animasi-pada-etoys.html
- http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/membuat-sebuah-object-dengan-etoys/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar