Rabu, 07 Desember 2011

Michael Jackson - Human Nature HD




Liric :

Looking out
Across the nighttime
The city winks a sleepless eye
Hear her voice
Shake my window
Sweet seducing sighs

Get me out
Into the nighttime
Four walls won't hold me tonight
If this town
Is just an apple
Then let me take a bite

chorus:
If they say
Why, why, tell 'em that it's human nature
Why, why, does he do me that way
If they say
Why, why, tell 'em that it's human nature
Why, why does he do me that way

Reaching out
To touch a stranger
Electric eyes are ev'rywhere
See that girl
She knows I'm watching
She likes the way I stare

chorus:
If they say
Why, why, tell 'em that it's human nature
Why, why, does he do me that way
If they say
Why, why, tell 'em that it's human nature
Why, why does he do me that way

I like lovin' this way
I like lovin' this way

Looking out
Across the morning
Where the city's heart begins to beat
Reaching out
I touch her shoulder
I'm dreaming of the street

chorus:
If they say
Why, why, tell 'em that it's human nature
Why, why, does he do me that way
If they say
Why, why, tell 'em that it's human nature
Why, why does he do me that way

Chris Cornell - Like A Stone [Acoustic] - Stripped '06




Lyric :

On a cold, wet afternoon
In a room full of emptiness
By a freeway I confess
I was lost in the pages
Of a book full of death
Reading how we'll die alone
And if we're good, we'll lay to rest
Anywhere we want to go

chorus:
In your house I long to be
Room by room patiently
I'll wait for you there
Like a stone
I'll wait for you there
Alone

On my deathbed I will pray
To the gods and the angels
Like a pagan to anyone
Who will take me to heaven
To a place I recall
I was there so long ago
The sky was bruised
The wine was bled
And there you led me on

Chorus:
Alone

And on I read
Until the day was gone
And I sat in regret
Of all the things I've done
For all that I've blessed
And all that I've wronged
In dreams until my death
I will wander on

chorus:
Alone

Pembuatan Animasi pada Etoys

Etoys adalah aplikasi grafis 2D. Etoys merupakan bahasa pemrograman yang di gunakan berorientasi objek berbasis prototipe yang berorienatsi objek dan banyak digunakan didalam bidang pendidikan. Etoys merupakan sebuah model objek scripted untuk objek yang berbeda yang berjalan pada platform yang berbeda dan juga bersifat opensourcepada software ini pembuatan flowchart sudah di bungkus dengan semenarik mungkin karena untuk anak sekolah dasar. Squeak adalah implementasi Smalltalk, berorientasi objek, berbasis kelas, dan reflektif, yang berasal dari Smalltalk-80 di Apple Computer. Ini dikembangkan oleh beberapa pengembang Smalltalk-80 asli, termasuk Dan Ingalls, Ted Kaehler, dan Alan Kay. Tim juga termasuk Scott Wallace dan John Maloney.

Saya akan mencoba membuat sebuah animasi dengan menggunakan etoys. Animasi yang saya buat adalah robot anak-anak yang bernama tory. Berikut langkah-langkahnya :


1. Pertama masuk ke aplikasi etoys, di home akan muncul gambar seperti ini



2. Pilih make a project



3. Di bagian toolbar akan muncul tulisan pada pallete dan supplies jika anda ingin memulai membuat objek animasi. Untuk membuat robot, saya memilih pallete

4. Disini, saya menggunakan semua objek bangun 2D yang terdapat di sebelah bawah pallete



5. Saya memulai dengan membuat gambar robot



6. Kemudian saya buat hiasan di tubuh robot



7. Lalu saya beri warna pada background robot dan hiasan-hiasan pada tubuh robot, maka hasilnya seperti dibawah ini




Sekian penjelasan sedikit dari saya mengenai langkah sederhana membuat animasi pada Etoys.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


Sumber Referensi :
- http://aditya-yanu.blogspot.com/2011/11/pembuatan-animasi-pada-etoys.html#!/2011/11/pembuatan-animasi-pada-etoys.html
- http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/membuat-sebuah-object-dengan-etoys/

Tutorial Pembuatan Model dengan Blender

Blender adalah software untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Dari pengembang The Blender Foundation, software ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Bahasa pemrograman yang kompatibel digunakan dengan software ini antara lain C, C++, dan Python. Blender tersedia untuk berbagai sisteam operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Penawaran ini jarang didapatkan dibandingkan software proprietary. Selain lintas platform, bila Blender dijalankan pada OS Linux tentu akan semakin menghemat biaya. Software ini berlisensi GPL dan bersifat open source. Aplikasi ini dapat di download secara gratis do www.blender.org.

Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D berharga mahal seperti 3D studio max, maya maupun XSI. Blender 3D memberikan fitur – fitur utama sebagai berikut :

1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas
6. File Berukuran kecil
7. Gratis


Selanjutnya, saya akan membuat model sederhana dengan menggunakan blender, yaitu menunjukkan objek-objek yang terdapat dalam blender seperti objek-objek dalam mesh, curve, survace, metaball, dll. Pertama-tama buka aplikasi blender, maka secara otomatis dalam window 3D diagram akan muncul objek mesh cube, camera, dan force field force seperti dibawah ini.




Kemudian, menambahkan objek-objek yang tersedia dengan klik add pada bagian atas kiri blender. Disitu akan ada banyak pilihan objek yang bisa dipilih dan dibuat suatu 3D animasi dengan memodifikasinya. Disini saya akan menghapus objek cube dan force, kemudian memasukkan objek yang lain dan menggabungkannya.
Cara menghapus objek dengan klik kanan pada objek,lalu klik delete pada object tools blender. Berikut adalah objek-objek yang saya gunakan dalam blender




Kemudian, saya coba untuk menggabungkan objek-objek bangun ruang dan garis-garisnya dengan menggunakan join.Namun sebelumnya setiap objek dipindahkan dahulu posisinya ke posisi yang saling berkaitan agar dapat di-join. Pemindahan posisi dapat dilakukan dengan mengarahkan objek berdasarkan posisi x,y, dan z nya. Agar lebih mudah, gunakan scroll. Drag kanan objek yang ingin dipindahkan, lalu pinadahkan objek. Pemindahan objek dilakukan dari berbagai sudut agar posisi objek benar-benar barada pada posisi yang tepat. Dengan mouse, drag scroll lalu atur arah pandang objek dari berbagai sisi. Jika tidak menggunakan mouse, gunakan angkan 2,4,6, dan 8 sebagai arah pandang. Setelah objek di drag, drop objek dengan meng-klik kiri mouse, maka objek akan berpindah. Posisi camera dan lamp-sun juga bisa dipinadahkan, agar terlihat posisi objek beserta arah cahaya dan bayangan pada saat di-render. Ukuran, rotasi objek juga dapat dilakukan dengan menekan ctrl+alt(s),(r) pada objek.

Objek-objek yang telah saya buat lalu di-join beserta dengan posisi camera dan sun terlihat seperti dibawah ini




Posisi objek dari berbagai sudut






Sehingga hasil model animasi yang telah dibuat pada saat melakukan render adalah sebagai berikut





Sumber Referensi :
- http://tutorialblender3d.blogspot.com/2009/01/tentang-blender-3d.html