Selasa, 08 Mei 2012

Komponen Game Engine

Game atau permainan adalah kegiatan kompleks yang di dalamnya terdapat beberapa peraturan. Walaupun ada peraturannya,  permainan bersifat menyenangkan, menghibur dan bisa meningkatkan ketelitian. Banyak gamers yang terpesona dengan game-game yang mereka mainkan, dan mereka mempunyai banyak ide yang ingin dituangkan dalam game-game favorit mereka. Tapi sayangnya, tidak ada informasi yang memadai untuk membuat sebuah game. Membangun sebuah bukanlah suatu hal yang mudah, ditambah dengan semakin canggihnya grafik komputer, dan semakin luasnya cakupan bidang ilmu dalam sebuah game. Pada umumnya sebuah game mempunyai beberapa komponen yang bisa dibagi dalam jenis

Komponen Grafik
Komponen ini adalah komponen yang paling penting dalam sebuah game. Komponen ini adalah komponen yang paling dirasakan oleh para gamers berpengaruh sangat besar, visualisasi. Tanpa sebuah visualisasi, sebuah game akan tampak sangat membosankan, bahkan sebuah game dengan permainan yang bagus pun akan mendapat celaan gara-gara tidak menampilkan grafik yang bagus. Tugas dari komponen ini adalah menampilkan visualisasi dalam bentuk gambar dan melakukan hitungan untuk hal-hal rumit seperti kamera. Untuk  komponen ini, seoreng programmer diharuskan memiliki keterampilan seperti :
- menguasai bahasa pemrograman, minimal satu, sebaiknya C/C++
- menguasai ilmu matematika
- menguasai teknik menggambar

Komponen Physic Engine
Komponen ini bertugas untuk menghitung apakah sebuah benda bersinggungan dengan benda lain, atau berapa kecepatan sebuah benda dengan massa tertentu ketika dilemparkan dari ketinggian tertentu. Komponen ini bertugas untuk melakukan perhitungan untuk simulasi yang ada di bumi.

Komponen Musik
Komponen ini bertugas untuk melakukan pengolahan sebuah musik untuk game. Bahkan beberapa penyedia komponen ini sanggup untuk mensimulasikan sebuah suara berdasarkan jarak antara pendengar dan objek.

Komponen Skeletal System
Komponen ini bertugas untuk melakukan pengolahan sebuah objek manusia atau benda lain supaya bisa bergerak berdasarkan rangka yang telah dibuat sebelumnya, semisal gerakan untuk robot atau gerakan untuk manusia.

Komponen AI
Artificial Intelligence atau AI didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Keterampilan yang diperlukan pada AI adalah :
- menguasai bahasa pemrograman, minimal satu, sebaiknya C/C++
- menguasai ilmu matematika
- menguasai teknik AI atau minimal teknik automata (machine automation)

Sederhananya membuat sendiri komponen tersebut bukanlah ide yang bijak untuk membuat sebuah game, dan sekali lagi, kecuali anda di bayar untuk itu. Dan sekali lagi, komponen-komponen tersebut sudah tersedia gratis bahkan dalam game komersil pun anda tidak akan di tagih untuk membayar.

Sumber Referensi :
http://forum.gamedevid.org/index.php?topic=8991.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar