Game atau permainan merupakan
kegiatan yang sangat digemari banyak kalangan. Game sendiri saat ini dibuat
sesuai dengan golongan usia yang memainkannya. Mulai dari permainan yang dapat
dimainkan anak-anak hingga permainan yang disediakan sesuai dengan kegemaran orang dewasa. Dengan adanya permainan, para pemain
atau gamer dapat mengembangkan syaraf otak, yaitu meningkatkan konsentrasi
dan melatih diri untuk memecahkan suatu masalah dengan tepat dan cepat karena
dalam permainan berisi konflik yang menuntut pemain untuk menyelesaikannya
dengan cepat dan tepat.
Dalam mata kuliah Pengantar teknologi game, saya diberikan tugas untuk membuat
beberapa artikel yang memberikan informasi mengenai dunia game, mulai dari
sejarah terbentuknya game hingga teknologi-teknologi yang ada di dalam game.
Teknologi-teknologi yang diutarakan
seperti software-software pendukung dalam pembuatan game,seperti karakter dalam
game, aturan permainan, adegan-adegan grafik yeng menunjang game agar terlihat
lebih menarik, dsb.
Sebelum mempelajari mata kuliah
ini, saya hanya bisa memainkan permainan dan tidak memahami seluk beluk permainan
tersebut dengan rinci. Yang penting saya mengetahui aturan permainannya dan
saya menyukai permainannya. Namun setelah mengikuti pengantar Teknologi game,
saya jadi sedikit tahu mengenai game, tidak hanya permainan itu sendiri,
melainkan perluasan mengenai game seperti sejarah adanya game, proses
terbentuknya game, poin-poin penting yang harus ada di dalam sebuah game,
software-software pendukung, jenis-jenis game, serta hardware yang khusus
dibuat untuk sebuah permainan. Berbagai macam teknologi dan perkembangannya dalam
membuat dan mengembangkan game yang lebih inovetif telah menambah wawasan saya
mengenai permainan. Dan salah satu
teknologi permainan yang menurut saya
sangat menarik adalah mengenai teknologi visual augmented reality dan visual reality yang tidak hanya
dapat digunakan sebagai salah satu sarana permainan, namun juga dapat digunakan
dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.
Pemahaman mengenai game ini juga
didukung dengan adanya teori-teori penunjang yang dijelaskan oleh dosen
Pengantar Teknologi game. Walaupun saat
di kelas hanya sedikit penjelasan yang diutarakan dosen, namun teori tersebut
menjadi inspirasi bagi saya dalam penulisan artikel-artikel ini. Dengan penguasaan
materi dan cara penyampaian yang mudah dimengerti, serta adanya kesempatan
untuk Tanya-jawab mengenai materi yang sedang dijelaskan, semuanya mampu
membuat mahasiswa untuk lebih mudah memahami materi.
Sekian kesimpulan yang dapat saya
jelaskan mengenai pengalaman saya dalam mengikuti mata kuliah Pengantar
Teknologi game ini. Mohon maaaf sebelumnya apabila ada kata-kata saya yang
salah.
Terimakasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar