Konsep
marketing mix 4P merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern, dimana
konsep maketing ini adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan
keberhasilan dari sebuah perusahaan tersebut demi omset atau profit yang
maksimal.
Marketing
mix 4P terdiri dari empat komponen yang lebih dikenal dengan 4P yaitu :
- Product (produk)
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar
untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang,
jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan
ide.
- Price (harga)
Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk mendapatkan
produk (nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang menurut buchari alma
(2004:169)) Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan
harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh
produsen.
- Places (tempat ,termasuk ditribusi)
Tempat/Lokasi sering pula disebut sebagai saluran
distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam
penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen
atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan
perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan
sasaran
- Promotion (promosi)
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran.
“Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan
produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono
(1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan
informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya
yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal
kepada produk yang ditawarkan.
Berikut adalah contoh marketing mix 4P pada website
perusahaan Macbeth Footwear :
Product
Produk-produk yang terdapat pada website perusahaan
ini antara lain kaos, sepatu, stiker, gelang, kaos kaki,topi dan lain-lain
dengan berbagai tipe
Price
Harga-harga produk pada website perusahaan ini terdapat di bagian bawah
produk pada setiap item-nya seperti contoh dibawah ini
Sepatu
Kaos
Stiker
Kaos kaki
Topi
Place
Place atau tempat distribusi sangat penting untuk
pemasaran produk, di dalam website perusahaan. Pada website perusahaan ini, Macbeth Footwear berpusat di Amerika dan Inggris. Kemudian perusahaan ini memiliki banyak jaringan pemasaran, baik di dalam maupun di luar negeri, baik
pemasaran melalui department store maupun online store lengkap dengan detail
informasi mengenai tempat pendistribusian produk yang akan dipasarkan. Hal ini
akan berdampak positif bagi pendistribusian produk ke konsumen karena proses
pendistribusian menjadi lebih cepat dan dapat menghemat biaya pengeluaran
perusahaan.
Contoh
lokasi department store di Indonesia
Contoh
salah satu online store di dunia, yaitu wilayah Amerika Utara
Promotion
Pada website perusahaa Macbeth Footwear, banyak
kegiatan promosi yang dilakukan untuk pelayan konsumen maupun penjualan produk.
Salah satu contohnya adalah pada navigasi Social Networks. Melalui navigasi
ini, perusahaan menyebarkan promosinya melalui media jejaring social yang
digunakan masyarakat. Promosi yang diberikan adalah sebagai bentuk perayaan
tahun baru 2013 dan ulang tahun salah seorang model menjadi duta besar
perusahaan dalam produk sepatu Macbeth Footwear jenis Vegan, maka perusahaan
memberikan hadiah gratis bagi para pembeli (customer) untuk pemesanan pada
minggu pertama bulan Januari 2013.
Sumber Referensi :
http://store.macbeth.com/
http://nurul_a.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2
mwehehehehe
BalasHapusP!!
BalasHapuswe dijone
BalasHapus