Rabu, 02 Januari 2013

Marketing Mix 4P Pada Perusahaan Macbeth Footwear

Konsep marketing mix 4P merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern, dimana konsep maketing ini adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan dari sebuah perusahaan tersebut demi omset atau profit yang maksimal.
Marketing mix 4P terdiri dari empat komponen yang lebih dikenal dengan 4P yaitu :


  • Product (produk)
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi dan ide.
  • Price (harga)
Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk mendapatkan produk (nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang menurut buchari alma (2004:169)) Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.
  • Places (tempat ,termasuk ditribusi)
Tempat/Lokasi sering pula disebut sebagai saluran distribusi yaitu suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. “Tempat termasuk berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk membuat produk dapat diperoleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran
  • Promotion (promosi)
Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “Promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran”. Sebagaimana dikutip dari Fandy Tjiptono (1997:219), komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada di pasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima, membeli dan loyal kepada produk yang ditawarkan.

Berikut adalah contoh marketing mix 4P pada website perusahaan  Macbeth Footwear :

Product
Produk-produk yang terdapat pada website perusahaan ini antara lain kaos, sepatu, stiker, gelang, kaos kaki,topi dan lain-lain dengan berbagai tipe


Price
Harga-harga produk pada website perusahaan ini terdapat di bagian bawah produk pada setiap item-nya seperti contoh dibawah ini  

Sepatu
 
Kaos

Stiker
 
Kaos kaki

Topi
  
Place
Place atau tempat distribusi sangat penting untuk pemasaran produk, di dalam website perusahaan. Pada website perusahaan ini, Macbeth Footwear berpusat di Amerika dan Inggris. Kemudian perusahaan ini memiliki banyak jaringan pemasaran, baik di dalam maupun di luar negeri, baik pemasaran melalui department store maupun online store lengkap dengan detail informasi mengenai tempat pendistribusian produk yang akan dipasarkan. Hal ini akan berdampak positif bagi pendistribusian produk ke konsumen karena proses pendistribusian menjadi lebih cepat dan dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.


Contoh lokasi department store di Indonesia
  
Contoh salah satu online store di dunia, yaitu wilayah Amerika Utara

Promotion
Pada website perusahaa Macbeth Footwear, banyak kegiatan promosi yang dilakukan untuk pelayan konsumen maupun penjualan produk. Salah satu contohnya adalah pada navigasi Social Networks. Melalui navigasi ini, perusahaan menyebarkan promosinya melalui media jejaring social yang digunakan masyarakat. Promosi yang diberikan adalah sebagai bentuk perayaan tahun baru 2013 dan ulang tahun salah seorang model menjadi duta besar perusahaan dalam produk sepatu Macbeth Footwear jenis Vegan, maka perusahaan memberikan hadiah gratis bagi para pembeli (customer) untuk pemesanan pada minggu pertama bulan Januari 2013.

  
Sumber Referensi :
http://store.macbeth.com/
http://nurul_a.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2

3 komentar: