Sabtu, 12 November 2011

Interaksi Manusia dan Komputer

Pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan mengenai IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer.


IMK adalah suatu sistem interaksi yang mampu memenuhi kebutuhan tugas user dengan baik (perpaduan seni dan sains secara menyeluruh). Mekanisme interaksi antara user dengan paket word processing yang banyak digunakan, umumnya berbasis menu dan dikelompokkkan untuk merefleksikan fungsi yang dilakukan submenu tersebut. IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi system interaktif dalam konteks tugas dan pekerjaan user.

IMK banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,terutama di zaman yang penuh dengan teknologi saat ini. Interaksi manusia dan komputer melibatkan disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.

Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer. Model atau jenis interaksi, antara lain :

1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos

2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu

3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)

4. Question/answer and query dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll

5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll

6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
Yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.


Tujuan dari IMK adalah untuk menghasilkan system yang dapat berfungsi dengan baik. Jadi system tersebut bersifat usable (bermanfaat) dan safe (aman). Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan, utilitas, ketergunaan , efektifitas dan efisiensinya. Sistem yang dimaksud tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.Utilitas yang dimaksud mengarah kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu antara lain:

1. Psikolog dan Ilmu Kognitif.
2. Ergonimi.
3. Sosiologi.
4. Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika.
5. Linguistik.
6. Perancangan grafis dan tipografi.
7. Antropologi.


Demikian yang saya dapat sampaikan mengenai IMK, manfaat dan tujuan, serta bidang ilmu yang menggunakan IMK. Semoga isinya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih 



Sumber Referensi :
- http://dwizeru.wordpress.com/2011/10/02/imk/
- http://nshafitri-imk.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar