Jumat, 20 Januari 2012

Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Wanita

Wanita dan Kecantikan memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Segala macam cara dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan kecantikan tubuh untuk menunjang
penampilannya. Namun kesehatan untuk membentuk kecantikan fisik juga tidak boleh dipisahkan agar tampil bugar. Jadi, selain cantik memiliki tubuh yang sehat juga perlu dilakukan, salah satunya dengan sehat melalui makanan sehat. Berikut ini beberapa makanan sehat yang perlu dikonsumsi oleh para wanita.

Yogurt

Banyak orang percaya bahwa yogurt baik dikonsumsi wanita. Menambahkan yogurt dalam asupan diet sangat dianjurkan untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh. Manfaat lain adalah mencegah timbulnya Yeast Candida Albicans, yaitu sejenis jamur yang menyebabkan penyakit vaginitis pada wanita yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kemaluan wanita. Adapun yogurt juga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seperti masker wajah. Yoghurt plain (tanpa rasa) bermanfaat untuk merevitalisasi sel-sel kulit mati, meremajakan kulit kusam, dan membantu mejaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih halus, mulus dan sehat. Ada juga yang mengatakan bahwa yogurt dipercaya mampu menguragi resiko kanker payudara dan beberapa penyakit tubuh lainnya.

Seafood & Ikan

Bagi wanita yang sedang diet, seafood mengandung minyak atsiri yang merupakan bagian penting dari diet. Minyak menyediakan sumber energi dan sumber asam lemak yang signifikan yang dibutuhkan tubuh. Selama bertahun-tahun, makanan laut telah menjadi bagian dari program penurunan berat badan. Ikan penting untuk menunjang kebugaran tubuh dan membantu menutrisi sel yang rusak dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung banyak sumber protein, vitamin dan serat. Manfaat dari mengkonsumsi kacang-kacangan bagi wanita dapat mencegah kanker. Isoflavon bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker, sehingga dapat melindungi tubuh dari kanker hormon seperti dari rahim dan payudara. Manfaat kedua adalah mengatasi gejala menopause. Kandungan isoflavon pada kedelai juga membantu mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause. Manfaat konsumsi kacang lainnya adalah dapat menjaga berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses program diet.

Buah

Buah memiliki Antioksidan yang mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Wanita yang rentan akan berbagai penyakit harus mengkonsumsi buah agar kesehatan dan kebugaran tetap terjaga. Beberapa buah yang baik dikonsumsi para wanita

a. Delima
Delima dilengkapi dengan vitamin A, C dan E serta asam folat yang penting pada tahap awal kehamilan. Delima juga membantu kesehatan jantung. Delima ini kaya anti oksidan yang membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol.

b. Jeruk
Penyakit yang kerap menyerang wanita pada umumnya adalah anemia, yaitu penyakit dimana kondisi jumlah sel darah merah dalam darah tidak normal atau rendah, sehingga efeknya adalah pusing, sakit kepala, dan pandangan buram. Jeruk bermanfaat untuk sistem kekebalan, proteksi terhadap anemia. Minum jus jeruk dengan makanan meningkatkan ambilan besi untuk proteksi terhadap anemia. Sumber yang paling baik dari vitamin C dan juga sumber asam folat, sehingga wanita hamil sebaiknya meminumnya dalam jumlah yang cukup banyak. Penelitian baru menyarankan minum segelas jus jeruk/hari, ternyata juga membantu mencegah terjadinya radang sendi (arthritis).

c. Anggur
Anggur memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Anggur kaya akan vitamin C dan beta-karoten. Kaeduanya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal bebas. Namun mengkonsumsi anggur hendaknya dihindari pada saat sedang dalam medikasi. Anggur mengandung suatu substansi yang dapat memperlambat pemecahan beberapa obat. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah obat dalam aliran darah, sehingga meningkatkan efeknya.

Susu

Khasiat mengkonsumsi susu adalah menjaga kesehatan tulang. Susu memiliki kalsium yang dibutuhkan untuk menutrisi tulang dan sendi, sehingga dapat mengurangi resiko osteoporosis bagi wanita usia lanjut. Dikutip dari laman Times of India, susu merupakan bagian dari menu diet sehat dan diyakini sebagai sumber utama vitamin D. Keith Ayoob, ahli diet dan ahli gizi pediatrik menyatakan, “Tanpa susu dalam menu diet, sulit untuk memenuhi sejumlah kebutuhan gizi terutama vitamin D," tambahnya. Manfaat lain dari susu adalah menurunkan resiko terkena kanker payudara melalui penelitian di Norwegia. Hjartäker bersama koleganya dari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, melalui publikasinya pada International Journal of Cancer, membuktikan bahwa mengonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause. Konsumsi susu menurunkan risiko kanker payudara setelah dikoreksi menurut faktor hormonal, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Wanita yang tidak mengonsumsi susu ternyata menghadapi risiko terkena kanker payudara 2 kali lebih besar daripada wanita yang mengonsumsi susu 3 gelas atau lebih susu setiap hari. Jadi penyakit kanker payudara itu bukan pada kaum wanita saja tetapi juga bisa pada kaum pria.

Air Putih

Bagi wanita, manfaat menkonsumsi air putih antara lain sebagai perawatan kecantikan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan menghindarkan kulit dari kekeringan dan kerutan maka dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar kulit tetap lembab dan sehat. Khasiat lainnya adalah Untuk meningkatkan kualitas kesuburan rahim. Air Putih dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, sehingga konsumsi air putih sangat baik sekali bagi wanita dalam menghasilkan keturunan. Menurut basil penelitian di London, jika wanita selalu mandi dengan air dingin dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi sel darah putih, meningkatkan imun tubuh terhadap serangan virus, serta meningkatkan hormon estrogen. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar