Jumat, 13 Januari 2012

Rangkuman Desain Pemodelan Grafis

Setelah sebelumnya membuat beberapa artikel mengenai Desain Pemodelan Grafis, kali ini akan saya buat secara garis besar dari artikel-artikel tersebut. Desain Pemodelan Grafis adalah suatu pemodelan benda atau objek melalui konsep dan proses desain yang secara keseluruhan dikerjakan oleh computer agar objek dapat diperlihatkan secara 3 dimensi, seakan-akan objek tersebut terlihat seperti hidup. Desain Pemodelan Grafis sendiri memiliki 3 macam grafik yaitu basis vector, bitmap, dan octet dimana grafik berbasis vector memiliki kulaitas penyimpanan gambar yang lebih baik.

Basis grafik dalam suatu gambar dapat dikonversikan, seperti konversi gambar dari bitmap ke vector atau sebaliknya. Masing-masing hasil proses konversi memiliki kelebihan dan kekurangan. Konversi pada gambar dari bitmap ke vector misalnya. Vektor dapat menghasilkan gambar yang lebih berkualitas dengan ketajaman gambar yang lebih baik. Kekurangannya basis vector adalah tidak dapat menghasilkan gradasi warna yang lebih apik dibandingkan dengan bitmap.

Desain Pemodelan Grafis juga meliputi bidang ilmu yang mempelajari hubungan interaksi antara manusia dengan computer (IMK), yaitu sebuah mekanisme interaksi yang mampu memenuhi tugas user dengan melibatkan disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia melalui sebuah implementasi dan evaluasi dengan komputer sebagai serangkaian proses, dialognya. Bidang ilmu IMK melibatkan berbagai bidang keilmuan, antara lain Psikolog dan Ilmu Kognitif, Ergonimi., Sosiologi, Ilmu Komputer dan Teknik Elektronika, Linguistik, Perancangan grafis dan tipografi, dan Antropologi.

Pemodelan Grafis sendiri memiliki keterhubungan dengan kebudayaan, yaitu mempelajari tentang membuat dan menciptakan objek baru berupa seni terapan, pola arsitektur, bahasa, peralatan hidup yang dihasilkan dari perwujudan kebudayaan yang ada di dalam diri manusia kemudian direkayasa dengan menggunakan perangkat lunak sebagai tempat pembuatan, penyimpanan dan manilpulasi model dan citra objek tersebut.

Kemudian beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menerapkan gambar basis, IMK dan hubungan kebudayaan dalam Desain Pemodelan Grafis. Perangakat-perangkat lunak tersebut antara lain Etoys dan Blender Foundation. Etoys digunakan untuk pembuatan objek atau gambar 2 dimensi, sedangkan Blender Foundation digunakan untuk pembuatan objek atau animasi dalam 3 dimensi.


Sekian ringkasan materi mengenai Desain pemodelan Grafis. Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar