Jumat, 13 April 2012

Game Developer


Art dan animasi mengacu kepada bagaimana tampilan fisik sebuah game, meliputi kemasan cd agar menarik, tekstur pada masing-masing karakter, tampilan antarmuka, bagaimana pergerakan dari tangan dan kaki ketika karakter bergerak, dan lain-lain. Artist menciptakan unsur-unsur didalam game baik secara 2D atau 3D. Artist membutuhkan berbagai tools untuk bisa membuat tampilan game. Beberapa tools yang digunakan yaitu: Photoshop, 3ds Max, Maya, Softimage XSI, Blender, Houdini, Modo, dan Zbrush. Seorang game artist setidaknya harus mempelajari dasar dari fine art: art theory, art history, composition, color, form, space, dan light. Fine art akan mempertajam “sense of art”, sehingga akan mempercepat pengerjaan dari game Artist dan tentu saja akan memperhalus seninya.
ketika membuat sebuah game sederhana dan kecil, maka hanya dibutuhkan 1-3 orang game artist untuk menyelesaikannya. berikut ini adalah lingkup kerja Game Artist yang sering dibutuhkan:

• 2D Artist
Secara garis besar 2D Artist berarti harus mengasah kemampuan dalam membuat gambar tradisional terlebih dahulu.

• 3D Artist
3D Artist harus membayangkan bagaimana karakter atau object senyata mungkin dengan kenyataan. Keahlian 3D Artist juga harus kuat dalam penguasaan tool 3D Maker.

• Animation Artist
Pekerjaan ini lebih fokus kepada bagaimana efek ketika mengeluarkan jurus, animasi opening atau ending, dan lain-lain.

• Level designer / Environment Artist
Tugasnya mendesain level dan environment, contohnya pada setiap level dfalam sebuah game diberi tantangan dan layout yang berbeda


Beberapa klasifikasi game artist yang berperan dalam pembuatan game:

• Programmer
Programmer melakukan pemrograman dan optimalisasi sandi untuk menciptakan port permainan dalam skala besar. Umumnya, programmer di industri game terdiri dari dua, yaitu Java programmer untuk game 2D dan C++ programmer untuk game 3D. Untuk Java programmer, sebaiknya memiliki pengetahuan tentang J2ME, BREW, Symbian, iPhone OS. Sedangkan untuk C++ programmer sebaiknya memiliki pengetahuan tentang Android, Symbian, WindowsPhone7.

• Game Designer
“Game designer mendesain bagaimana game berjalan, karakternya seperti apa, dan bagaimana alur permainannya, Game designer juga menentukan kontrol permainan. Karena itu, terdapat beberapa syarat yang sebaiknya dimiliki seorang game designer. Yakni, menguasai desain orisinil dari semua tipe game baik 2D dan 3D pada semua platform, seperti Playstation, XBOX, Nintendo, PC, dan lain sebagainya. Game designer juga sebaiknya menguasai Photoshop dan memiliki pemahaman tentang video games dan bagaimana kemasan komersialnya di masyarakat luas.

• Game tester

Hal pertama yang harus dimiliki game tester adalah ketertarikannya terhadap game. Game tester harus berpengalaman memainkan berbagai jenis game, seperti Role Playing Games, simulation, ataupun adventure. Selain itu, seorang game tester akan bekerja dengan kedetailan. Untuk itu dibutuhkan seseorang yang berpikir detail, teliti serta out of the box. Artinya, dia harus mampu berpikir di luar gamer pada umumnya. Bagaimana pun juga ketika seseorang bermain dan menikmati sebuah game, game tester justru sedang melakukan pengamatan mendetail terhadap game tersebut.


Kemudian untuk membuat game yang berkualitas, dapat melalui beberapa tahapan antara lain :

• Menentukan jenis (Genre) game apa yang akan dikerjakan.
• Membuat jalan cerita (Story Line Making) game yang akan dibuat.
• Menciptakan karakter / tokoh (Character Design) dalam sebuah game.
• Membuat bagan alur game (Follow Charting).
• Membuat program game, baik gambar maupun suara (Programing).
• Mencari kesalahan / error game yang sudah selesai dibuat (Debugging).
• Melakukan uji coba / trial game dalam bentuk Beta Version (Playtesting), untuk menyempurnakan dan menentukan masih adakah error / kesalahan dan kelemahan game agar tidak gagal dipasaran atau game hasilnya jelek (kurang sempurna).
• Membuat judul (Title) game yang telah selesai dibuat.
• Penyelesaian game dalam bentuk Full Version dan siap dijual (Release).
• Pemasaran dan distribusi yang baik dan merata dipasaran




Sumber Referensi :
http://agatestudio.com/blog/?p=524
http://ecc.ft.ugm.ac.id/index.php?r=mobile/detailberita&id=1234
http://www.kotakgame.com/forums/archive/index.php/t-2353.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar