Selasa, 13 Maret 2012

Klasifikasi Permainan Catur

Dalam game, terdapat beberapa kalsifikasi atau jenis kategori permainan antara lain :

Board Games (Permainan Papan)
Game pada katagori ini membutuhkan suatu papan sebagai bidang permainan yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main sebagai objek yang dapat digerakkan. Dalam permainan ini dua pemain akan saling berhadapan dan saling mengadu strategi untuk mempertahankan daerah sendiri dan mengalahkan lawan.

Card Games (Permainan Kartu)
Game ini akan memanfaatkan symbol-simbol yang terdapat pada 52 kartu yang terbagi dalam dua faktor : suit (4 nilai) dan rank (13 nilai). Dalam permainan ini sejumlah ketentuan dibuat untuk mengatur bagaimana cara-cara untuk membuat kombinasi tersebut. Yang termasuk game dalam kategori ini adalah permainan kartu bridge/truf.

Athletic Games (Permainan Atletik)
Permainan games jenis ini lebih cenderung pada penggunaan fisik. Peraturan game mewajibkan pemain untuk melakukan aksi tertentu. Selain konsentrasi, kekuatan tubuh, kecepatan, ketepatan dan kerjasama menjadi bagian utama dari game atletik.

Children Games (Permainan Anak)
Contoh dari game anak – anak seperti berlari, sembunyi, melempar dan menangkap, yaitu hal-hal yang umumnya disenangi oleh anak-anak untuk bermain. Pada umumnya game ini menekankan pada aktifitas kelompok sebagai latihan untuk berkehidupan sosial.

Computer Games (Permainan Komputer)
Game ini dimainkan dengan media elektronik komputer. Dalam game ini terdapat 5 alat yang dikategorikan sebagai komputer, yaitu :

1. Expensive Dedicated Machine, mesin dengan cara memasukkan koin untuk memainkankannya.
2. Inexpensive Dedicated Machine, disebut juga dengan hand held machine. Alat game watch termasuk dalam katagori Inexpensive dedicated machine.
3. Multiprogram Home, Contoh mesin seperti ini aadalah Atari dan Nintendo.
4. Personal computer
5. Mainframe computer

Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain dan juga harus bersifat real time. Kompleksitas game bergantung dari kemampuan menjelaskan aturan atau cara kerja game dan lingkungan game dalam program yang dibuat.

Catur diklasifikasikan ke dalam Board Games (Permainan Papan). Penjelasannya game catur adalah permainan dengan katagori membutuhkan suatu papan yang terbagi dalam sektor-sektor tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang dapat digerakkan. Dalam permainan catur , dua pemain akan saling berhadapan dan saling mengadu strategi untuk mempertahankan daerah sendiri dan mengalahkan lawan.


Sumber referensi :
http://cgrg.wordpress.com/2008/03/12/definisi-computer-game/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar