Selasa, 13 Maret 2012

Definisi Game

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai definisi game

Dalam kamus bahasa Indonesia “Game” adalah permainan. Permainan adalah kegiatan kompleks yang di dalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan berisi sistem yang dimana pemain yang berinteraksi di dalam system dan konflik yang merupakan rekayasa atau buatan (peraturan). Peraturan yang dibangun bertujuan untuk membatasi perilaku (hak) pemain dalam permainan dan menentukan cara bermain. Sebenarnya permainan di butuhkan untuk perkembangan syaraf otak, meningkatkan konsentrasi dan melatih diri untuk memecahkan suatu masalah dengan tepat dan cepat karena dalam permainan berisi konflik yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Berikut ini terdapat beberapa definisi game antara lain :

JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi.

IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.

FAUZI A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita.

ANDIK SUSILO
Game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.

ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi.

WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya.

Selain memiliki beberapa manfaat, sebenarnya permainan juga dapat memberikan efek yang merugikan. Seseorang jika sudah menyukai suatu game, secara tidak sadar ia akan mengalami kecanduan terhadap game ini dan secara spontan akan “ketagaihan” untuk memainkan game tersebut secara terus-menerus. Dilihat dari segi kesehatan, hal ini akan membuat otak untuk bekerja lebih ekstra untuk menyelesaikan game. Tubuh juga akan mengalami gangguan akibat tenaga yang diforsir untuk terus bekerja. Secara psikologis, efek kecanduan game ini akan membuat seseorang menjadi maniak game, dimana ia tidak akan merasa puas dengan game yg dimainkan, meskipun misalkan ia sudah dapat menyelesaikan game tersebut. Efek lainnya adalah menyebabkan seseorang menjadi lupa waktu, atau sekalipun ia ingat akan kegiatan lain yang harus dikerjakan, ia akan mengulur waktu demi memuaskan diri untuk bermain. Oleh karena itu, sebaiknya game hanya dipandang sebagai hiburan yang melatih konsentrasi tetapi dengan batasan tertentu.


Sumber referensi :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_game_info2144.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar