Selasa, 13 Maret 2012

Sejarah Perkembangan Game

Jika pada artikel sebelumnya telah dijelaskan definisi mengenai game atau permainan, berikutnya akan dijelaskan dahulu sejarah perkembangan adanya game.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, game atau permainan adalah kegiatan kompleks yang di dalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Di seluruh dunia, setiap permainan memiliki kelahiran sejarah budaya yang berbeda. Terinspirasi dari budaya permainan, maka dibuatlah game sebagai suatu hiburan yang bermanfaat. Game mencakup banyak hal, tidak hanya berasal dari suatu permainan budaya, tetapi juga berdasarkan kegiatan sehari-hari atau terilhami dari suatu kejadian. Game pertama kali di desain pada tahun 1947 dengan ciptaan game yang dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Kemudian aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem permainan ini terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru untuk di tembakkan ke arah target. Ide game ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II. Karena pada waktu itu grafik belum bisa dibuat, target penembakan digambarkan pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT. Namun banyak pihak yang menyebutkan bahwa penemu video game adalah William Higinbotham.

Tahun 1952, di University of Cambridge, A.S. Douglas membuat OXO, yaitu sebuah game grafis noughts and crosses atau nol dan silang. Douglas membuat OXO untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Kemudian pada tahun 1972 di buat perangkat game portable genggam, yaitu tic tac toeoleh Waco Company.

Tahun 1958 diciptakan game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Jika dilihat, bola tenis seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net.

Dilanjutkan pada tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey yang dihubungkan dengan televisi. Kemudian perusahaan Atari meluncurkan sebuah video game ping-pong pada 29 November 1972. Berangkat dari sini, video dan komputer game menjadi populer dan hobi baru di saat PC baru saja mulai dikenal dan dipakai secara luas.

Mistery House, rancangan ibu rumah tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya petualangan.

Awal tahun 1980-an ditandai oleh Nintendo, Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game-game popular, awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card.

Terimakasih sudah membaca,semoga bermanfaat


Sumber referensi :
http://are-tech.blogspot.com/2009/02/sejarah-game.html
http://ayusafitri89.blogspot.com/2010/02/definisi-game.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar