Minggu, 31 Oktober 2010

Digital Musik: Produksi,Distribusi dan Konsumsi

Dari : Jamie Sexton

B
udaya Musik mengalami perubahan cepat pada sejumlah tingkata,seperti produksi suara, distribusi dan konsumsi, dan industri musik yang lebih luas,semua sedang berubah oleh teknologi digital, sesuai dengan pola sosial dan budaya.Pergeseran dalam budaya musik yang terjadi dalam skala global, meskipun tingkat dan sifat perubahan tunduk pada variasi geografis. Tujuan Digital Musik pada pembahasan ini adalah untuk fokus pada dampak yang teknologi digital yang telah tempa pada musik,serta menyelidiki beberapa masalah teoritis bahwa perubahan tersebut telah lahir.

Produksi Musik


Teknologi digital mengintensifkan banyak pergeseran yang telah terjadi, khususnya memindahkan dan meniru secara live terhadap penciptaan dunia yang mengatakan 'buatan'. Ketika teknologi perekaman memasuki dunia music pada akhir abad kesembilan belas, produksi rekaman cenderung mengikuti filsafat dokumentasi, yaitu sebuah artefak dicatat mencoba untuk mereproduksi erat secara live (Toynbee 2000).Sebuah pergeseran beberapa bertahap diikuti, misalnya pengenalan instrumen, perekaman listrik seperti mikrofon dan amplifier teknik.Salah satu halnya adalah bersenandung,yang merupakan peningkatan suara melalui sarana buatan yang selama ini telah menjadi peliharaan dan awal penerimaan,tertanam dalam rezim 'kebenaran'.Saat itu di tahun 1950-an dan 1960-an bahwa dokumentasi dramatis mengambil bentuk. Munculnya gitar listrik, pita magnetik, modular synthesizer dan merekam multritrack, menyebabkan penciptaan 'dunia suara' virtual yang menentang dokumen pertunjukan live. Dalam saku avant-garde,departemen musik akademik manipulasi suara sedang dieksplorasi ,bahkan lebih lanjutnya munculnya beton musique, dimana suara lingkungan tercatat untuk dimanipulasi dan diedit bersama-sama untuk membentuk montages sonik. Avant-garde,teknik yang diselundupkan ke produksi pop,mengarah lebih kompleks ke teknik rekaman dan kebangkitan produsen sebagai tokoh yang kreatif fungsional,seperti George Martin, Joe Meek, Phil Spector dan Brian Wilson. Mereka mendapatkan reputasi sebagai alkemis sonik, mampu menggunakan studio rekaman dengan cara yang kreatif dan konstruktif. Banyak musisi yang sekarang mencoba untuk meniru suara dan dicatat pada saat mereka tampil.


Ide studio sebagai hub konstruktif kreatif menyebabkan remixing membentuk
pusat komponen dari kebudayaan musik. Sementara beton musique dapat secara luas dipahami sebagai bentuk remixing, itu tetap diatur 'menemukan suara'. Utama budaya remixing berkaitan dengan rekreasi musik yang sudah ada, meskipun lain yang ditemukan adalah suara yang sering digunakan untuk warna dan keperluan lainnya. Saat itu di Jamaika pada akhir 1960-an dan awal 1970-an,budaya remix benar-benar mulai berkembang sesuai dengan tujuan budaya ruang dansa. Produsen dan insinyur akan menghapus vokal dan secara bertahap,mulai menambahkan efek seperti reverb, delay dan suara-suara lain, dari yang subgenre yang 'Menjuluki reggae' berevolusi. Kenaikan musik disko di Amerika Serikat pada 1970-an juga sangat banyak memberikan kontribusi remix kebudayaan sebagai suntingan diperpanjang trek hi-NRG, dirancang untuk lantai dansa,dan menyebabkan munculnya single 12-inci.Remixing tersebut diambil ke tingkat baru dengan munculnya hip-hop di akhir 1970-an dan awal 1980-an,yang berdasarkan repurposing sampel musik lainnya, terutama melalui embedding 'Istirahat' atau melalui suara yang ditemukan menyerang melalui teknik 'menggaruk'.


Teknologi digital memulai untuk menyaring cara mereka ke dalam produksi massal sepanjang tahun 1980,dipercepat dengan trend yang ada dan mungkin bergeser dari marjinal dengan praktek yang dominan. Kenaikan di sejumlah synthesizer digital dan sequencers, serta kemudahan interkoneksi komponen yang berbeda melalui instrumen musik digital interface (MIDI), menyebabkan pertumbuhan musik elektronik dalam akhir tahun 1980 dan seterusnya, termasuk rumah, techno, hutan, ambien dan sejumlah lain generik bentuk (Meskipun itu harus ditunjukkan, banyak musik techno awal diproduksi dengan peralatan analog),sedangkan 'kelompok' musik yang lebih tradisional.Kehidupan instrumen bermain terus, pertumbuhan individu, musicmakers elektronik dan menyebabkan kabur perbedaan antara musisi dengan produser,dan antara 'instrumen' dengan 'studio'. Hal ini juga menyebabkan kenaikan besar dalam penggunaan 'Sampel' musik, sehingga menimbulkan wrangles hukum dan perdebatan atas hak cipta,serta argumen atas apa yang sebenarnya merupakan 'kreativitas' musik. Kunci di sini adalah bangkitnya sampel cukup murah di akhir 1980-an,yang dapat mengintegrasikan sampel dalam keseluruhan lagu,mereka juga menyediakan suara yang user-friendly manipulasi alat (seperti waktu-peregangan dan pitch-berpindah),sampel looping fungsi dan fasilitas editing (Berk 2000).


Teknologi digital telah membuat lebih mudah untuk mencocokkan dan mencampurkan suara yang ada ke dalam komposisi baru. Dengan demikian,arsip menjadi semakin penting. Banyak seniman musik sekarang menghabiskan banyak waktu mereka untuk mencari musik dan digunakan sebagai sampel (semakin mengaburkan sampel,lebih baik bahwa ada keinginan di antara banyak produsen untuk menghindar jelas). Kontras keterampilan tradisional terlibat dalam memainkan alat musik, kreativitas musik elektronik,sehingga banyak produsen seringkali terletak pada kemampuan mereka untuk menemukan, membayangkan dan kemudian mahir mengatur ulang artefak budaya. Hal ini berkaitan dengan pengamatan Lev Manovich bahwa New Media


DIGITAL MUSIC: PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI
Studi Kasus: IPod


Jamie Sexton
iPod telah sukses
dan menjadi fenomenal,cepat mengambil perhatian konsumen mengambil up dari DAPs (digital audio player). Kemudian dimasukkan ke dalam pertumbuhan PMPs (portable media player), yang lebih luas,serta fungsi multimedia telah di pasar sejak tahun 2005 (termasuk jumlah model iPod, seperti iTouch), dan baru-baru ini multimedia telepon selular, yang paling terkenal yang terkandung dalam iPhone Apple (diluncurkan pada tahun 2007).Tahun 2006,iPod diperkirakan menjelaskan 76 persen DAP global dan penjualan PMP,dan pada bulan April 2007 diumumkan bahwa Apple telah menjual lebih dari 100 juta item,sehingga menjadi pemutar musik penjualan tercepat dalam bisnis (Sherwin 2007). Mengapa itu telah begitu sukses? Dalam studi kasus ini menjelaskan beberapa alasan mengapa DAP,telah terbukti sangat populer dengan isu-isu yang penggunaannya telah dihasilkan.
S
erta iPod telah menaklukkan pasar DAP begitu berhasil,apabila iPod sendiri sekarang identik dengan DAP (dan PMP), meskipun hanya merek tertentu seperti pemain (mirip dengan bagaimana Walkman, yang sebuah merek stereo pribadi, umumnya datang untuk merujuk pada stereo pribadi pada umumnya).Keberhasilan iPod tercermin tidak hanya dalam namanya yang mengacu pada DAPs dan PMPs umumnya, tetapi juga melalui prevalensi 'podcasting'.Podcasting adalah nama yang diberikan untuk semua jenis konten audio yang dapat didownload dari Internet secara manual atau, lebih sering, secara otomatis melalui aplikasi perangkat lunak seperti 'Ipodder'. Namanya mencerminkan bagaimana hal itu cocok untuk di-download ke ponsel audio perangkat (sering dalam format MP3) meskipun hal ini tidak perlu dimainkan dengan cara ini.


Menurut Richard Berry, istilah ini dapat ditelusuri kembali ke artikel oleh Inggris wartawan Ben Hammersley pada awal 2004 (Berry 2006).Meningkatnya mobilitas populasi global adalah salah satu konteks utama di mana ke tempat munculnya media portabel. Dengan pengembangan sistem kereta api pada abad kesembilan belas, orang-orang mampu bergerak di medan dengan mudah lebih, dan sejalan dengan ini, buku portabel muncul untuk membaca di perjalanan, sementara stand buku dan surat kabar menjadi fitur biasa di stasiun (Urry 2006).Sepanjang abad kedua puluh, sebagai bentuk transportasi yang lebih,telah muncul dan perjalanan telah meningkat, sehingga teknologi baru mobile media telah terwujud, yang meliputi radio mobil, radio transistor, portabel komputer, video game genggam dan telepon seluler atau ponsel.Mobile bentuk media merupakan tradisi sejarah yang penting dalam menempatkan pribadi stereo, atau Walkman, yang merupakan preseden ponsel paling penting iPod.


Sony Walkman, pemutar kaset yang cukup kecil untuk dibawa,dan terhubung ke headphone, diperkenalkan pada tahun 1979 dan tak terduga mengalami kesuksesan. Pertumbuhan orang memiliki Walkman (atau stereo) begitu besar dan merupakan suatu fenomena sosial dan memunculkan pendapat yang luas.Fakta bahwa orang sekarang bisa bergerak dan terus-menerus dihubungkan dengan musik, dipandang sebagai signifikan. Sebelumnya,radio dan pemutar kaset portabel diaktifkan,tapi secara ruang sosial hal itu mengganggu ruang publik. Personal stereo memungkinkan pendengar untuk tetap di dunia suara mereka sendiri.Hal ini menyebabkan kritikus meratapi orang-orang yang menjadi terputus dari lingkungan sosial mereka dan terkunci di pribadi mereka sendiri.Audio gelembung (sebagaimana dicatat oleh Hosokawa 1984),cenderung mengabaikan fakta bahwa di era Victoria buku itu sendiri digunakan sebagai semacam perisai di kereta ke 'Mengatasi dengan kecepatan baru serta malu duduk di sebuah tertutup kompartemen dengan orang asing '(Urry 2006).


Rasa kendali atas kehidupan sehari-hari telah diungkapkan oleh para analis dan pengguna Wlkman, misalnya, sering menyatakan bagaimana Walkman membuka dunia fantasi di mana mereka kadang merasa seperti bagian dari pengalaman filmis(Bull 2006). Hosokawa berpendapat bahwa Walkman menciptakan semacam 'rahasia teater',sebuah ruang imajinatif untuk pengguna yang tetap memberi isyarat kepada orang lain yang tidak menyadari isinya (Hosokawa 1984: 177). Walkman ini juga dilihat penting untuk cara dengan mengambil musik dari sebelumnya biasa,pengaturan dan diciptakan kembali lingkungan atas mana hal menjadi nomadically superimposed,sehingga mengubah 'koherensi dari teks-kota (Hosokawa 1984). Dalam pengertiannya, ruang sosial anonim bisa terdengar bertuliskan tentang diri pribadi.Di tahun 2001, Apple iPod diluncurkan, yang akhirnya menjadi pasar dominator, yang bertentangan dengan Sony lebih mapan.


sumber : bestgrandsale.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar