Jumat, 26 Oktober 2012

Bedah Website E-Agriculture


Pada artikel ini saya akan mencoba untuk membedah suatu website sebagai tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika. Dan jenis website yang saya jelaskan adalah mengenai e-Agriculture atau e-Agribusiness.


Pengertian e-Agriculture atau e-Agribusiness diambil dari konsep Information and Communication Technology (ICT), yaitu kegiatan pertanian dan/atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ICT seperti komputer, internet, piranti lunak dan piranti keras, radio, televisi dan perangkat IT lainnya, serta orang yang mengoperasikan ICT tersebut. Aplikasi e-Agriculture dapat dilakukan di semua aktivitas pertanian mulai dari kegiatan di hulu (proses produksi) sampai pada di hilir (pemasaran hasil). FAO telah memanfaatkan ICT di kegiatan network, publikasi, database dan pembuatan Web. Sebuah konsep infomasi manajeman pertanian (E-Agriculture) yang memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada guna membantu memecahkan dan mengatur keseimbangan produksi tanaman holtikultura dengan pemanfaatan Geografic Information System (GIS).

Kini ICT juga dicoba untuk mendorong agar pertanian Indonesia mampu bersaing. Hal ini karena peran ICT sangat menonjol, baik kegiatan teknologi produksi maupun di kegiatan teknologi informasi. Dengan demikian, pelaku agribisnis di Indonesia harus bisa menguasai teknologi tersebut. Kini,  Departemen Pertanian memperkenalkan program yang dinamakan Program Rintisan dan Akselerasi Pemasyarakatan Inovasi Teknologi Pertanian (Primatani). Program ini pada dasarnya dirancang untuk mempercepat pemanfaatan hasil-hasil penelitian untuk segera diterapkan di masyarakat pertanian, khususnya dengan memanfaatkan keunggulan ICT.

Departemen Pertanian memanfaatkan ICT untuk program :
-          Pengembangan Statistik Pertanian,
-          Pengembangan Sistem Informasi, dan
-          Penunjang Pengembangan Sistem Informasi dan Statistik Pertanian.

Contoh dari web e-agriculture adalah http://www.situshijau.co.id/ Berikut mengenai website ini.

SitusHijau.co.id adalah situs web yang bergerak di bidang pertanian, khususnya hortikultura. SitusHijau.co.id lahir dari keinginan untuk menyediakan informasi pertanian secara cepat, mudah dan murah untuk diakses oleh semua orang dimana dan kapan saja. Visi SitusHijau.co.id adalah “membangun komunitas on-line dan usaha di bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi informasi”. SitusHijau.co.id dulu bernama SitusHijau.com, dicetuskan di Jakarta pada tanggal 21 Desember 2000 dan berbasis operasional di Bogor.

Achievements
Kiprah dan prestasi SitusHijau.co.id sejak kelahirannya antara lain :
-          Ikut serta dalam Kontes Inovasi Dalam Bisnis (I + B) yang diselenggarakan oleh Yayasan Progressio Indonesia bekerjasama dengan Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi RI 2001 dan 2002 (lolos tahap II).
-          Ikut serta dalam lomba desain web yang diselenggarakan oleh Cisco System Indonesia (pemenang ketiga, diumumkan tanggal 19 Juli 2001).

Kontributor
Kontributor dalam pengembangan website ini, antara lain :
- Lukman Supriyadi
- Willy Bayuardi
- Juwita Ratnasari
- Muhammad Rofiq
- Dwi Wulansari
- Edi Minaji Pribadi
- Yan Ikkyu
- Irsyadi Siradjuddin
- Hilda Ema Rosalyn
- dll


Contact Us
Untuk informasi lebih lanjut tentang SitusHijau, hubungi kami di e-mail: kru@situshijau.co.id


Sumber Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar