Aktifitas bisnis dalam suatu perusahaan digerakan oleh tenaga kerja yang memiliki pemahaman terhadap pengolahan bisnis tersebut. Sumberdaya manusia dalam hal ini tenaga kerja menjadi syarat utama dalam mengoprasikan perusahaan. Setiap perusahaan berupaya untuk menyusun format yang tepat tentang manajemen sumberdaya manusianya (mulai dari proses prekrutan, pendidikan, dan pelatihan, job description yang jelas, sistem upah atau gajih yang tepat, adanya jenjang karir atau pengembangan staf, dan lainya). Bagian atau unit yang biasanya mengurusi SDM (Sumber Daya Manusia) adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Departemen Sumber Daya Manusia Memiliki Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab :
Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia
dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Ada dua faktor yang
perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti
jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan
lain-lain, serta faktor eksternal seperti hukum ketenaga kerjaan kondisi pasar
tenaga kerja dan sebagainya.
Rekrutmen tenaga kerja
Yaitu mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan.
Yaitu mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan.
Seleksi tenaga kerja
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses
menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang
ada. Tahap yang perlu dilakukan antara lain :
- melihat daftar riwayat hidup atau (CV)
curriculum vittae milik pelamar
- melakukan penyortiran pelamar yang memenuhi
standar suatu pekerjaan
- melakukan ujian test tertulis , wawancara
kerja / interview dan proses seleksi lainnya.
Pengembangan dan evaluasi karyawan
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi
atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung
jawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada
dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan
kinerja yang ada.
Memberikan kompensasi dan proteksi pada
pegawai
Kompensasi yang tepat sangat penting dan
disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan
eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat
menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat
menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu
diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang
sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari
waktu ke waktu.
Jenjang karir
Jenjang karir merupakan tahapan kenaikan jabatan dalam suatu pekerjaan. Hal ini merupakan aspek yang penting bagi para karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan untuk memotifasi karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka. Dalam hal ini perusahaan yang profesional akan menetapkan jenjang karir yang pasti bagi para karyawannya.
Jenjang karir merupakan tahapan kenaikan jabatan dalam suatu pekerjaan. Hal ini merupakan aspek yang penting bagi para karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan untuk memotifasi karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka. Dalam hal ini perusahaan yang profesional akan menetapkan jenjang karir yang pasti bagi para karyawannya.
Contoh Perusahaan dalam Perekrutan Karyawan
PT. PLN (Persero) membuka kesempatan kepada
Putra-Putri Indonesia terbaik untuk bergabung dan berkembang bersama menjadi
Pegawai PT. PLN (Persero) melalui Program Rekrutmen Pegawai PT. PLN (Persero)
Tingkat S1 D3 tahun 2006. Peserta rekrutmen yang lulus seleksi penerimaan akan
dididik sebagai engineer / staf ataupun sebagai teknisi / pelaksana sesuai
dengan bidangnya dan ditempatkan di Unit dan Wilayah Kerja PT. PLN (Persero) di
luar Jawa dan Bali.
Proses rekrutmen/seleksi penerimaan pegawai PT PLN
(Persero) menggunakan sistem gugur, meliputi tahapan :
- Seleksi administrasi.
- General Aptitude test (GAT).
- Tes Akademis dan Bahasa Inggris.
- Tes Psikologi dan Diskusi Kelompok.
- Wawancara.
- Tes kesehatan.
- Seleksi administrasi.
- General Aptitude test (GAT).
- Tes Akademis dan Bahasa Inggris.
- Tes Psikologi dan Diskusi Kelompok.
- Wawancara.
- Tes kesehatan.
Pelamar/Peserta seleksi penerimaan yang lulus/memenuhi
syarat dalam proses seleksi di atas, akan dipanggil untuk mengikuti Program
Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan (Diklat Prajab). Selama mengikuti Diklat
Prajab status peserta adalah Siswa Diklat Prajabatan dan Diklat Prajabatan
dilaksanakan selama + 12 bulan meliputi :
- Pembinaan Kedisiplinan.
- Pengenalan Perusahaan.
- Pembidangan.
- On The Job training (OJT).
- Pengenalan Perusahaan.
- Pembidangan.
- On The Job training (OJT).
Bagi Siswa yang lulus Diklat Prajabatan akan diangkat
sebagai Pegawai PT PLN (Persero) dan ditempatkan pada posisi jabatan di seluruh
Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero) di luar Jawa dan Bali.
Persyaratan Umum
- Pendaftaran/lamaran ditujukan kepada PT PLN (Persero) c.q. Konsultan Rekrutmen, melalui pos dengan alamat salah satu kota di bawah ini :
- Pendaftaran/lamaran ditujukan kepada PT PLN (Persero) c.q. Konsultan Rekrutmen, melalui pos dengan alamat salah satu kota di bawah ini :
a. Padang : PO Box 4000 PADANG 25000, atau
b. Bandung : PO Box 9000 BANDUNG 40000, atau
c. Surabaya : PO Box 9000 SB 60090.
b. Bandung : PO Box 9000 BANDUNG 40000, atau
c. Surabaya : PO Box 9000 SB 60090.
- Lamaran diterima paling lambat tanggal 25 November
2006, cap pos.
- Konsultan Rekrutmen hanya memproses surat lamaran yang dikirim melalui salah satu alamat PO Box sebagaimana tercantum di atas.
- Tes/seleksi penerimaan dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang bersamaan di kota Padang, Bandung dan Surabaya.
- Batas Usia : S1 : Kelahiran 1980 dan sesudahnya
D3 : Kelahiran 1983 dan sesudahnya.
- Bidang Studi sesuai dengan jabatan yang dilamar.
- IPK : 2,75 untuk S1/D3 Teknik dan 2,9 untuk S1/D3 non teknik.
- Sehat jasmani dan rohani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia.
- Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti program rekrutmen/seleksi dan Diklat Prajabatan yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero).
- Hanya Pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi/tes yang diselenggarakan dengan sistem gugur.
- Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini.
- Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
- Konsultan Rekrutmen hanya memproses surat lamaran yang dikirim melalui salah satu alamat PO Box sebagaimana tercantum di atas.
- Tes/seleksi penerimaan dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang bersamaan di kota Padang, Bandung dan Surabaya.
- Batas Usia : S1 : Kelahiran 1980 dan sesudahnya
D3 : Kelahiran 1983 dan sesudahnya.
- Bidang Studi sesuai dengan jabatan yang dilamar.
- IPK : 2,75 untuk S1/D3 Teknik dan 2,9 untuk S1/D3 non teknik.
- Sehat jasmani dan rohani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia.
- Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti program rekrutmen/seleksi dan Diklat Prajabatan yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero).
- Hanya Pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi/tes yang diselenggarakan dengan sistem gugur.
- Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini.
- Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
Surat Lamaran
Surat lamaran ditujukan kepada Konsultan Rekrutmen dengan mencantumkan Kode Jabatan yang dilamar pada surat lamaran dan pada sampul surat lamaran dengan melampirkan :
- Riwayat hidup ( CV ).
- Foto copy ijasah S1 atau D3 sesuai dengan jabatan yang dilamar dan transkripsi nilai, keduanya telah dilegalisir.
- Foto copy KTP dan akte kelahiran.
- Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar.
- Surat keterangan berbadan sehat dan tidak buta warna dari dokter umum.
- Melampirkan pernyataan diri di atas meterai Rp. 6.000,- tentang :
a. Kesanggupan untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.
b. Tidak terlibat dalam penyalah gunaan narkotika dan zat adiktif lainnya.
- Sampul surat warna coklat ukuran 11,5 x 25 cm yang bertuliskan alamat diri dilengkapi kode pos untuk panggilan tes, tanpa perangko.
Surat lamaran ditujukan kepada Konsultan Rekrutmen dengan mencantumkan Kode Jabatan yang dilamar pada surat lamaran dan pada sampul surat lamaran dengan melampirkan :
- Riwayat hidup ( CV ).
- Foto copy ijasah S1 atau D3 sesuai dengan jabatan yang dilamar dan transkripsi nilai, keduanya telah dilegalisir.
- Foto copy KTP dan akte kelahiran.
- Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar.
- Surat keterangan berbadan sehat dan tidak buta warna dari dokter umum.
- Melampirkan pernyataan diri di atas meterai Rp. 6.000,- tentang :
a. Kesanggupan untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.
b. Tidak terlibat dalam penyalah gunaan narkotika dan zat adiktif lainnya.
- Sampul surat warna coklat ukuran 11,5 x 25 cm yang bertuliskan alamat diri dilengkapi kode pos untuk panggilan tes, tanpa perangko.
Jabatan dan Bidang Studi yang Diperlukan
KODE JABATAN | JABATAN | BIDANG STUDI (S1)
1. ED | Engineer Distribusi |Teknik Elektro
2. ES | Engineer Sistem Tenaga Listrik | Teknik Elektro
3. EP | Engineer Pembangkitan | Teknik Mesin, Teknik Elektro. Fisika Teknik
4. SI | Engineer Sistem Informasi | Informatika
5. NG | Staf Niaga | Teknik Elektro, Ekonomi Manajemen
6. KU | Staf Keuangan | Ekonomi Manajemen
7. AK | Staf Akuntansi | Ekonomi jrs. Akuntansi
8. HM | Staf Humas | Fak. Ilmu Komunikasi, Fisip Komunikasi
9. HR | Staf SDM | Teknik Industri, Psikologi, Hukum.
10. HK | Staf Hukum| Hukum.
1. ED | Engineer Distribusi |Teknik Elektro
2. ES | Engineer Sistem Tenaga Listrik | Teknik Elektro
3. EP | Engineer Pembangkitan | Teknik Mesin, Teknik Elektro. Fisika Teknik
4. SI | Engineer Sistem Informasi | Informatika
5. NG | Staf Niaga | Teknik Elektro, Ekonomi Manajemen
6. KU | Staf Keuangan | Ekonomi Manajemen
7. AK | Staf Akuntansi | Ekonomi jrs. Akuntansi
8. HM | Staf Humas | Fak. Ilmu Komunikasi, Fisip Komunikasi
9. HR | Staf SDM | Teknik Industri, Psikologi, Hukum.
10. HK | Staf Hukum| Hukum.
KODE JABATAN | JABATAN | BIDANG STUDI (D3)
1. TDT | Teknisi Distribusi Tenaga Listrik | Teknik Elektro
2. TSO | Teknisi Sistem Operasi Tenaga Listrik | Teknik Elektro
3. TPL | Teknisi Pembangkitan | Teknik Mesin
4. TPD | Teknisi Pengolah Data | Informatika
5. PAS | Pelaksana Administrasi & SDM | Administrasi Niaga, Ekonomi Manajemen, Sekretariat, Informatika
6. PKU | Pelaksana Keuangan | Ekonomi Manajemen
7. PAK | Pelaksana Akuntansi | Ekonomi Akuntansi
1. TDT | Teknisi Distribusi Tenaga Listrik | Teknik Elektro
2. TSO | Teknisi Sistem Operasi Tenaga Listrik | Teknik Elektro
3. TPL | Teknisi Pembangkitan | Teknik Mesin
4. TPD | Teknisi Pengolah Data | Informatika
5. PAS | Pelaksana Administrasi & SDM | Administrasi Niaga, Ekonomi Manajemen, Sekretariat, Informatika
6. PKU | Pelaksana Keuangan | Ekonomi Manajemen
7. PAK | Pelaksana Akuntansi | Ekonomi Akuntansi
Lain-lain
- Seleksi Penerimaan dilaksanakan di lokasi PO Box lamaran ditujukan. Bila calon peserta mengirimkan lamarannya ke PO Box 4000 Padang 25000 maka seleksi penerimaan untuk calon tersebut dilaksanakan di Padang. Demikian juga bila lamaran dialamatkan ke PO Box 9000 Bandung 40000 atau PO Box 9000 SB 60090 Surabaya maka ybs akan menjalani seleksi di Bandung atau Surabaya.
- Diharapkan para calon peserta hanya mengirim 1 (satu) surat lamaran saja.
- Seleksi/tes bersifat nasional untuk ketiga lokasi : Padang, Bandung dan Surabaya, dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dengan ketentuan / persyaratan yang sama.
- Surat lamaran yang telah dikirim/diterima oleh Konsultan Rekrutmen tidak dapat ditarik kembali.
- Kesalahan, kekeliruan atau ketidak jelasan penulisan alamat pada Sampul Surat yang dilampirkan pada surat lamaran sehingga berakibat surat panggilan tes tidak sampai ke alamat pelamar pada waktunya adalah di luar tanggung jawab PLN.
- Para calon peserta / pelamar dapat menggunakan Contoh Surat Lamaran dan Contoh Surat Pernyataan yang ada di pengumuman ini dengan di tik ataupun tulisan tangan.
- Pengumuman-pengumuman selanjutnya yang berkaitan dengan rekrutmen akan ditayangkan pada website ini.
- Pelamar yang pernah memasukkan surat lamaran ke PT PLN (Persero) sebelum diterbitkannya pengumuman ini dianggap tidak berlaku dan agar mengajukan lamaran lagi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada pengumuman ini.
- Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang dipanggil untuk mengikuti seleksi penerimaan.
- Untuk kelancaran & akurasi data entry, pelamar dapat mengisi formulir (pdf) Admin 1, 2 dan 3 terlampir dan disertakan pada surat lamaran.
- Seleksi Penerimaan dilaksanakan di lokasi PO Box lamaran ditujukan. Bila calon peserta mengirimkan lamarannya ke PO Box 4000 Padang 25000 maka seleksi penerimaan untuk calon tersebut dilaksanakan di Padang. Demikian juga bila lamaran dialamatkan ke PO Box 9000 Bandung 40000 atau PO Box 9000 SB 60090 Surabaya maka ybs akan menjalani seleksi di Bandung atau Surabaya.
- Diharapkan para calon peserta hanya mengirim 1 (satu) surat lamaran saja.
- Seleksi/tes bersifat nasional untuk ketiga lokasi : Padang, Bandung dan Surabaya, dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dengan ketentuan / persyaratan yang sama.
- Surat lamaran yang telah dikirim/diterima oleh Konsultan Rekrutmen tidak dapat ditarik kembali.
- Kesalahan, kekeliruan atau ketidak jelasan penulisan alamat pada Sampul Surat yang dilampirkan pada surat lamaran sehingga berakibat surat panggilan tes tidak sampai ke alamat pelamar pada waktunya adalah di luar tanggung jawab PLN.
- Para calon peserta / pelamar dapat menggunakan Contoh Surat Lamaran dan Contoh Surat Pernyataan yang ada di pengumuman ini dengan di tik ataupun tulisan tangan.
- Pengumuman-pengumuman selanjutnya yang berkaitan dengan rekrutmen akan ditayangkan pada website ini.
- Pelamar yang pernah memasukkan surat lamaran ke PT PLN (Persero) sebelum diterbitkannya pengumuman ini dianggap tidak berlaku dan agar mengajukan lamaran lagi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada pengumuman ini.
- Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang dipanggil untuk mengikuti seleksi penerimaan.
- Untuk kelancaran & akurasi data entry, pelamar dapat mengisi formulir (pdf) Admin 1, 2 dan 3 terlampir dan disertakan pada surat lamaran.
Sumber Referensi :
- http://organisasi.org/makalah-tentang-perekrutan-tenaga-kerja-dasar-dasar-bisnis-oleh-farchan-ipb
- http://aditya-yanu.blogspot.com/2012/10/pengertian-bisnis-informatika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar