Selasa, 18 Mei 2010

MANUSIA DAN CINTA KASIH

”Cinta” adalah nama yang banyak dibicarakan orang sejak dulu kala,sangat simple dan mudah untuk diucapkan.Belum dipastikan kapan kata cinta pertama kali digunakan untuk menyatakan perasaan.Namun,banyak hal yang mengatas namakan cinta,karena kata itu mampu membuat mereka yang sedih menjadi senang,hidup yang pahit menjadi manis,dan perasaan yang terluka menjadi sembuh.Dan saat cinta disalahgunakan maka akan berakibat sebaliknya.

Cinta Kasih Kepada Sesama Manusia

Menurut Erich Fromm,cinta kepada sesama adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam.Cinta kepada sesama dapat dikelompokkan menjadi :
1. Cinta kepada
keluarga
2. Cinta kepada teman
3. Cinta kepada seseorang (asmara)
4. Cinta kepada dirinya sendiri

Dari perasaan yang timbul tentang cinta,dari segi sosialita,dalam diri manusia timbul rasa untuk saling menghargai,saling berbagi tentang kehidupan untuk mempererat hubungan satu sama lain,dan rasa saling membantu.Namun disela itu,ada juga rasa ingin memuaskan kebutuhan emosi diri sendiri dan mengharapkan imbalan pribadi.Jika perasaan cinta yang dipandang dari romansa,timbul rasa untuk membahagiakan,mengorbankan segalanya,dan keinginan untuk mengikatkan hubungan dengan tujuan untuk mengabadikan terhadap orang yang disayangi.
Cinta Kasih Dalam Ajaran Agama
Menurut pandangan agama Islam,cinta seseorang berlandaskan ketaatan kepada Allah swt. Cinta yang mesti dilaksanakan bukanlah hanya sebatas cinta kasih kepada sesama Muslim,tetapi kepada sesama manusia dan sesama makhluk,dan tetap dikarenakan Allah Ta`ala. Kecintaan ini akan menjadi amal saleh bagi para pelakunya sebagai hamba Allah.swt. meskipun baru tersirat dalam hati dan belum terlaksana. Mencintai Tuhan pada dasarnya adalah mencintai diri sendiri.sesama manusia,dan alam semesta.

By : Deby Oktavia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar