Selasa, 18 Mei 2010

MANUSIA DAN KEINDAHAN


Keindahan berasal dari kata indah yang artinya bagus,cantik,elok,permai, dan sebagainya.Indah atau keindahan bersifat universal,yang artinya tidak terikat dengan hal-hal yang bersifat spesifik. Manusia sebagai konsumen utama dalam tingkat konsumen setiap waktu selalu berusaha untuk memperindah diri sendiri dan hal-hal yang selalu ada dalam ruang lingkupnya seperti pakaian untuk penampilan secara fisik,rumah untuk tempat tinggal,kendaraan sebagai alat tranportasi dan sebagainya agar terlihat menarik dan menyenangkan bagi yang melihatnya.Semua ini menunjukkan bahwa manusia mencintai keindahan.
Keindahan bagi manusia tidak hanya pengertian keindahan untuk diri pribadi.Alam semesta dan menjaga kelestarian dari alam semesta merupakan rasa keindahan tersendiri bagi para penikmatnya.Sebagai mahkluk social,saling tolong menolong antar sesama juga merupakan rasa keindahan.Tidak hanya sebagai mahkluk social,kehidupan manusia yang tidak terlepas dari suatu keyakinan akan taatnya seorang hamba kepada Sang Pencipta juga merupakan suatu kebahagiaan tersendiri untuk menikmati indahnya beribadah kepada Tuhan YME.
Keindahan juga terasa saat manusia mengapresiasikan dirinya dalam bidang seni,seperti menciptakan lagu atau menyanyikannya,membuat karya seni rupa seperti melukis,menggambar,membuat sebuah ukiran,memahat,dan lain-lain.
Agaknya semakin tinggi rasa pengetahuan manusi untuk merasakan berbagai keindahan,semakin besar perhatian dan minat manusia untuk menghargai suatu keindahan dan juga semakin selektif untuk menilai dan apa yang harus dikeluarkan untuk menghargainya keindahan.
By : deby Oktavia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar