Selasa, 01 Juni 2010

MANUSIA DAN BUDAYA

Budaya tercipta dari hasil interaksi antara manusia dengan segala hal di dunia ini.Manusia dengan akal pikiranya mampu untuk berkarya di muka bumi ini dengan segala bentuk ekspresi yang diinginkannya. Disamping itu juga manusia memiliki intelegensi perasaan, emosi,kemauan,dan perilaku untuk menciptakan ekspresinya.Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan.Kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya.Suatu Kebudayaan akan terus hidup jika dilestarikan.
Kebudayaan mempunyai kegunaan yang sangat besar bagi manusia.


Kebudayaan memiliki peran sebagai :

  • Dapat menciptakan suatu hubungan antar sesama manusia.
  • Wadah untuk menyalurkan segala macam ekspresi,dapat berupa perasaan maupun cara berfikir.
  • Petunjuk-petunjuk tentang bagaimana manusia harus bertindak dan berprilaku didalam pergaulan.

    Pengaruh Budaya Terhadap Lingkungan

    Kebudayaan dan lingkungan dapat saling berhubungan dengan sebab akibat yang didapat.Budaya yang dikembangkan oleh manusia akan berpengaruh pada lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang.Suatu kebudayaan dapat membentuk kepribadian dan cara berpikir masyarakat yang menganutnya.Sedangkan pada lingkungan secara letak geografisnya,dapat mempengaruhi bagaimana kebudayaan tersebut terwujud,sehingga lingkungan menjadi salah satu factor terbentuknya perbedaan kebudayaan disuatu daerah dengan daerah lainnya.

    Proses Dan Perkembangan Kebudayaan

    Perkembangan Kebudayaan tersebut dimaksudkan untuk kepentingan manusia sebagai penciptanya. Manusia akan menggunakan dan melaksanakan serta melestarikan suatu kebudayaan tertentu bila kebudayaan tersebut berguna untuk mengatasi atau memenuhi tuntunan yang dihadapi.Penggunaan suatu kebudayaan tidak terlepas dari pengaruh faktor-faktor lingkungan fisik,seperti sumber daya alam dan cuaca yang kerap terjadi di lingkungan tempat kebudayaan itu berkembang.Perkembangan zaman mendorong terjadinya perubahan-perubahan disegala bidang, termasuk dalam kebudayaan.Meskipun ada beberapoa hal dalam kebudayaan lama yang dianggap tidak lagi diperlukan tidak dilestarikan.
    Hal yang terpenting dalam proses pengembangan kebudayaan adalah dengan adanya pengendalian terhadap prilaku para penganut kebudayaan,karena bisa saja perilaku yang ditampilkan bertolak belakang dengan budaya yang dianut yang ada di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar