Selasa, 01 Juni 2010

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Manusia diberikan dua hal kekayaan berharga dalam hidupnya ,yaitu akal budi,dimana dengan hadirnya akal dan budi tersebut dapat muncul tuntutan-tuntutan hidup manusia yang lebih daripada tuntutan hidup makhluk lain.Cipta, karsa, dan rasa yang ada,dengan akal budinya dapat terus mengembangkan dan menciptakan benda-benda baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik yang bersifat jasmani maupun rohani.Dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan dan pandangan terhadap hidup.
Pandangan Hidup manusia merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan.Semua perbuatan, tingkah laku dan aturan harus berdasarkan pandangan hidup yang telah dirumuskan .Setiap orang mempunyai cita-cita,dan setiap orang mempunyai cara pandang yang berbeda dalam menjalani kehidupannya,walaupun tujuannya sama,yaitu hidup bahagia dan membahagiakan sesamanya.Disinilah peranan pandangan hidup seseorang. Sebagaia pelindung seseorang. Ia tidak akan gegabah bila menghadapi masalah, hambatan, tantangan dan gangguan, serta kesulitan yang dihadapinya.
Walaupun erat kaitannya,pandangan hidup tidaklah sama dengan cita-cita.Pandangan hidup merupakan bagian dari manusia yang dapat mencerminkan cita-cita atau aspirasi seseorang dan sekelompok orang atau masyarakat.Tiadak jarang dikatakan hanya merupakan suatu idealisme belaka karena telahyang mengikuti kebiasaan berpikir didalam masyarakat.Namun,jika baru membentuk pandangan hidup,bisa dijadikan ideology. Pandangan hidup dapat menjadi pegangan, bimbingan, tuntutan seseorang ataupun masyarakat dalam menempuh jalan hidupnya menuju tujuan akhir.Akal dan budi sebagai milik manusia ternyata membawa ciri tersendiri akan diri manusia itu. Satu diantara keunggulan manusia tersebut ialah pandangan hidup. Disatu pihak manusia menyadari bahwa dirinya lemah, dipihak lain menusia menyadari kehidupannya lebih kompleks.Kesadaran akan kelemahan dirinya memaksa manusia mencari kekuatan diluar dirinya. Selain itu manusia sadar pula bahwa kehidupannya itu lain bila dibandingkan dengan kehidupan makhluk lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar